Tutorial Edit aplikasi android





Ulasan kali ini saya akan membahas cara edit aplikasi android atau APK yang menurut saya sangat lah mudah serta gampang di pahami.


Tools yang saya sarankan, serta yang saya pakai yaitu Advanced ApkTool, Tool ini adalah Tool gratis untuk pengguna OS Windows, dan untuk informasi lengkap mengenai tool ini silahkan langsung ke sumber nya.

Sebelum saya jelaskan lebih lanjut, silahkan download terlebih dahulu peralatan yang di perlukan :

Peralatan

JRE Download
Framework-res.apk mirror link Download
AdvancedApkTool mirror link Download 

Tutorial
● Download Java nya, sesuai kan dengan system windows yang di pake (32bit/64bit)
● Install java, dan silahkan lanjut dengan setting environment variable nya, jika belum tau cara setting environment variable silahkan buka Control Panel \ All Control Panel Items \ System \ Advanced system settings \ Environment Variables. dibagian System variables pilih New dan isikan seperti gambar di bawah ini :

*note variable value sesuai kan dengan folder directory Java nya 

● Extract AdvancedApkTool.rar dan hasil nya akan seperti gambar di bawah ini :



● Masukan Framework-res.apk juga aplikasi android (apk) yang mau di edit ke dalam folder 2-In (lihat gambar di atas)
● Jalankan Advanced ApkTool.exe pilih opsi (1) untuk install Framework
● Jika sudah terinstal framework nya, silahkan pilih opsi (2) Decompile Files
● Jika sukses, silahkan buka folder 3-Out, edit aplikasi nya sesuai keinginan.
● Setelah selesai editing silahkan pilih opsi(3) Recompile Files
● Buka folder 4 untuk hasil editing.

*note
2 - Decompile Files: membongkar file apk yang telah kita simpan di Folder 2-In

3 - Recompile Files: Kebalikan dari decompile yaitu untuk menggabungkan kembali file yang telah kita edit di folder 3-Out.

4 - Sign Files: Memberikan signature pada file apk yang sudah diedit, untuk jenis file system tidak di sarankan untuk melakukan sign files

5 - Zipalign Files: Digunakan untuk, optimasi dan keselarasan arsip, tujuan nya untuk pengurangan jumlah ram yang dikonsumsi oleh aplikasi tersebut

6 - Wipe Folders: Membersihkan/menghilangkan isi dari folder yang ada dalam tool Advanced ApkTool.


Sekian tutorial yang bisa saya jelaskan, semoga sukses dalam editing nya :)







Terimakasih




2 Responses to "Tutorial Edit aplikasi android"

  1. Isi artikel cukup lengkap, mudah akurat untuk memahami, untuk mempelajari lebih lanjut Anda dapat mengunjungi di download aplikasi android gratis

    ReplyDelete
  2. Saya tidak bertanggung jawab atas kegagalan yang terjadi, meski saya pribadi sudah sukses dengan cara ini.

    ban nang xe may dap chan

    ReplyDelete